Jumat, 21 November 2014

BLUSUKAN MENTERI SUSI KE PERBATASAN, DARI TANGKAP 3 KAPAL ASING KINI RATUSAN



Jakarta -Blusukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ke Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur tak sia-sia. Pada aksi blusukan pekan lalu, Susi dan timnya menangkap 3 kapal penangkap ikan ilegal, kini jumlah kapal yang ditangkap terus bertambah hingga 132 kapal jenis sampan dan perahu.

Susi menyebutkan kelompok ini sebagai manusia perahu. Jumlahnya mencapai 400 orang dan berasal dari Malaysia dan Filipina.

"Mereka adalah manusia perahu, ada yang banyak dari Samporna (Malaysia) dan dari Gunggau Filipina," kata Susi dalam konferensi pers di kantor KKP, Jakarta, Jumat (21/11/2014)

Menurut Susi, masuknya kelompok ini ke Indonesia sudah melanggar ketentuan teritorial karena tidak memiliki izin resmi. Apalagi setelah melakukan aktivitas seperti penangkapan ikan dan perusakan lingkungan.

"Menurut UU kedaulatan negara. Itu sudah melanggar teritorial. Jadi itu saja sudah salah," katanya.

Susi mencurigai penangkapan ikan yang dilakukan kelompok ini menggunakan bom dan potas. Meski belum mendapatkan bukti bahan kimia saat penangkapan kapal, namun investigasi akan terus dilanjutkan.

"Kemarin memang tidak ditemukan. Tapi kalau melihat bukti dari laporan masyarakat kemudian melihat situasi lingkungan itu sudah hampir benar," kata Susi
Manusia perahu juga berdomisili di pulau sekitar Derawan yang dihuni oleh masyarakat umum, maupun pulau kosong yang sebenarnya tidak boleh dihuni.

"Mereka tinggal di sana. Mendapatkan logistik dan BBM dari dalam negeri kita juga," terangnya.

Masalah ini sudah disampaikan kepada Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk segera diproses ke Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia dan Filipina.

"Kita sudah sampaikan kemenlu untuk sampaikan ke kedubes malaysia dan Filipina," jelasnya.


Analisa:
Menurut pendapat saya, upaya blusukan yang dilakukan ibu menteri sudah bagus dapat membuat para nelayan ilegal tersebut menjadi jera. Diharapkan kinerja ibu menteri dapat konsisten, untuk membangun Indonesia jadi lebih baik, dan membuat ekonomi Indonesia tumbuh dan berkembang jadi lebih baik. 


Sumber:
http://finance.detik.com/read/2014/11/21/164731/2755599/4/2/blusukan-menteri-susi-ke-perbatasan-dari-tangkap-3-kapal-asing-kini-ratusan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar