Kamis, 04 Desember 2014

TUGAS 3

Contoh Paragraf Induktif
Banjir di India tahun ini disebut para para pejabat sebagai yang terburuk dalam puluhan tahun di India Selatan. Banjir ini menggenangi jutaan hektare ladang, termasuk perkebunan tebu. Banyak pohon tebu rusak dan tidak dapat dimanfaatkan lagi sebagai bahan baku gula pasir. Jadi, sudah dapat dipastikan produksi gula pasir di Karnataka - penghasil gula pasir terbesar nomor tiga di India akan anjlok tahun ini.


Contoh Paragraf Deduktif
Hujan deras dan angin kencang, Selasa (6/10) terjadi di Mojokerto, Jawa Timur. Angin itu menumbangkan sejumlah pohon dan papan reklame. Sebuah gapura penanda batas wilayah Desa Kepuhanyar dan Desa Mojoanyar nyaris ambruk. Ranting pohon tanjung dan sonokeling di sepanjang Jalan Gajah Mada, Jalan Pahlawan dan Jalan Majapahit di Kota Mojokerto tampak berserakan. Bahkan, lampu lalu lintas pun tak dapat berfungsi dengan baik.


Contoh Paragraf Deduktif - Induktif
Penyakit kaki gajah disebabkan oleh cacing filarial. Cacing ini berbentuk silindris, halus seperti benang putih serta berukuran panjang 55-100 mm dan tebal 0,16 mm. Cacing jantan lebih kecil, berukuran 200-600 mikron. Cacing ini dihisap oleh nyamuk dan dipindahkan ke tubuh manusia melalui gigitannya. Kegiatan cacing mini ini menyebabkan kaki dan tangan penderitanya berubah berukuran besar atau yang disebut penyakit kaki gajah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar