Jumat, 21 November 2014

EKONOMI NEGARA PEMBERI SUBSIDI TIDAK SEHAT




JAKARTA, KOMPAS.com - Subsidi energi sangat besar lantaran semakin besarnya konsumsi. Namun, bukan hanya Indonesia yang mengalami permasalahan terkait subsidi energi. Ada beberapa negara lainnya yang memberlakukan hal serupa.

"Subsidi bahan bakar minyak (BBM) dilakukan terbesar oleh Irak. Tapi memang Irak produksi minyaknya sangat besar. Kemudian Arab Saudi, Mesir, Ekuador, Turkmenistan, Venezuela, dan masih banyak," kata Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada (UGM) A Tony Prasetiantono saat acara Investor Summit and Capital Market Expo, Rabu (17/9/2014).

Lebih lanjut, Tony mengungkapkan, ada negara yang memberi subsidi BBM besar namun memang merupakan produsen minyak yang signifikan. Ia memberi contoh Nigeria, Arab Saudi, Rusia, dan Venezuela yang memiliki produksi minyak sangat besar.

"Negara yang memberi subsidi BBM struktur ekonominya tidak baik, ekonominya tidak sehat. Contoh saja ada Indonesia dan Mesir. Subsidi yang terlalu besar akan mengakibatkan ketagihan dan dependensi yang terlalu besar," ujar Tony.

Tony menyebut, Dana Moneter Internasional (IMF) pernah membuat sebuah studi tentang siapa sebenarnya pihak yang menikmati subsidi energi. Komponen energi yang disubsidi berupa gasoline alias BBM, kerosene atau minyak tanah, diesel atau solar, dan elpiji.

"Untuk BBM, yang paling banyak menerima manfaat dari subsidi 61 persen oleh 20 persen orang terkaya. Orang-orang kaya ini punya mobil besar yang memakan BBM bersubsidi. Kombinasi kelompok menengah ke atas 81 persen," jelas dia.

Kesimpulannya, Tony mengungkapkan subsidi BBM yang ada saat ini cenderung tidak tepat sasaran dan hanya mengakomodir kaum berpunya. Untuk menyehatkan struktur ekonomi, maka subsidi tersebut harus dipangkas dengan menaikkan harga BBM bersubsidi.



Analisa:
Menurut pendapat saya, langkah yang dilakukan pemerintah untuk menaikan harga BBM bersubsidi sudah tepat. Karena disini jelas berdasarkan studi dari IMF, penikmat BBM bersubsidi justru terbanyak dari kalangan orang-orang kaya. Jadi BBM yang selama ini di subsidi oleh pemerintah tidaklah tepat sasaran. Maka dari itu, pemerintah terpaksa harus menaikan harga BBM bersubsidi, untuk menyehatkan struktur ekonomi. Kita sebagai masyarakat harus mendukung langkah tersebut, dan kita lihat perkembangannya setahun ke depan untuk program ini.


Sumber:
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/09/17/234000826 Ekonomi.Negara.Pemberi.Subsidi.Tidak.Sehat?utm_source=bisniskeuangan&utm_medium=bp&utm_campaign=related&

Tidak ada komentar:

Posting Komentar