Selasa, 05 Mei 2015

PELAPORAN DAN PENGUNGKAPAN

Perkembangan pengungkapan
Standar dan praktik pengungkapan dipengaruhi oleh sumber-sumber keuangan, undang-undang, berhubungan dengan politik ekonomi, tingkat perkembangan ekonomi, pendidikan, budaya dan faktor-faktor lainnya. Perbedaan pengungkapan nasional sebagian besar didorong oleh pebedaan di pengelolaan dan keuangan perusahaan.

Pengungkapan sukarela
Manajer memiliki informasi yang lebih baik dari pada pihak luar mengenai performa perusahaan mereka saat ini dan kedepannya. Beberapa kajian menunjukan bahwa manajer berinisiatif untuk mengungkapkan informasi seperti itu secara sukarela, keuntungan dari pengungkapan tersebut mungkin menyangkut biaya transaksi yang lebih rendah dalam perdagangan sekuritas perusahaan, bunga yang lebih tinggi dari analis keuangan dan investor, meningkatkan likuiditas sahamdan biaya modal yang lebih rendah. Laporan yang paling terkini menyokong pandangan bahwa perusahaan bisa mencapai keuntungan dalam pasar modal dengan mempertinggi pengungkapan mereka secara sukarela. Laporan meliputi tuntutan bagaimana perusahaan bisa menggambarkan dan menjelaskan investasi potensial mereka kepada investor.

Kebutuhan pengaturan pengungkapan
Untuk melindungi investor, sebagian besar bursa sekuritas (bersama dengan lembaga peraturan profesional dan pemerintah seperti halnya pertukaran dan sekuritas Amerika Serikat dan agen pelayanan keuangan di Jepang) menentukan laporan dan kebutuhan pengungkapan pada perusahaan domestik dan asing yang mencari akses untuk pasar mereka. Semua bursa ini ingin memastikan bahwa investor memiliki informasi yang cukup untuk memperbolehkan mereka mengevaluasi kinerja dan prospek perusahaan.
            Frast & Lang membahas 2 objek investor berorientai pasar : perlindungan investor dan kualitas pasar
·         Proteksi investor, dijamin dengan informasi dan dilindungi dengan pelaksanaan dan pengawasan peraturan pasar.
·         Kualitas pasar, pasar adalah adil, tersusun, efisien dan bebas dari penyalahgunaan dan perbuatan jahat
Frast & Lang juga mengulas 4 prinsip pada investor yang berorientasi pasar yang harus dijalankan
1.      Keefektifan biaya. Regulasi biaya pasar sebaiknya dibandingkan dengan keuntungan sekuritas
2.      Fleksibelitas dan kebebasan pasar. Regulasi tidak seharusnya menghalangi kompetisi-kompetisi evaluasi pasar.
3.      Laporan keuangan transparan dan pengungkapan menyeluruh
4.      Perlakuaan setara perusahaan domestik dan asing

Pembahasan laporan keuangan SEC Amerika
SEC secara umum mewajibkan pendaftar asing untuk melengkapi informasi keuangan yang pada hakikatnyasama dengan yang dibutuhkan perusahaan domestik. Syarat laporan SEC secara umum konsisten dengan sasaran proteksi investor dan kualitas pasar, akan tetapi, kebutuhan laporan yang kuat mungkin meraih tujuan proteksi investor pada kesempatan mengurangi biaya investasimodal atau mengesankan biaya transaksi tinggi dalam berinvestasi.

Praktik pelaporan dan pengungkapan
Praktek pengungkapan laporan tahunan memperlihatkan respon manager terhadap kebutuhan pengaturan pengungkapan dan intensif mereka untuk menyediakan laporan keuangan penggunaan secara sukarela.
·         Pengungkapan informasi progresif
Pengungkapan informasi progresif adalah pertimbangan tinggi yang relevan didalam kesetaraan pasar dunia. Informasi progresif terdiri dari :
1.      Perkiraan pendapatan, laba(rugi), arus kas, pengeluaran modal, dan hal-hal keuaangan lainnya.
2.      Tujuan informasi mengenai kinerja dan posisi ekonomi di masa depan yang tidak menentu dari pada perkiraan menyangkut proyek, periode fiskal dan proyeksi jumlah.
3.      Laporan program dan sasaran manajemen untuk usaha masa depan.

·         Pengungkapan segmen
Investor dan analis menuntut hasil perusahaan industri dan segmen geografis usaha dan keuangan signifikan dan berkembang. Pengungkapan segmen lebih membantu pengguna laporan keuangan untuk memahami bagaimana bagian-bagian perusahaan menata semuanya . setelah itu, alur produk dan wilayah didunia memiliki risiko yang beragam, pengembalian dan kesempatan. Pemisahan jalur usaha dan area geografis harus membuat penilaiaan yang lebih terpapar tentang keseluruhan perusahaan.

·         Pelaporan pertanggung jawaban sosial
Laporan pertanggung jawaban sosial mengacu kepada pengukuran dan komunikasi informasi tentang pengaruh perusahaan tehadap kemakmuran pegawai, komunitas sosial dan lingkungan. Hal ini mencerminkan sebuah kepercayaan bahwa perusahaan bergantung pada pemegang saham dalam laporan kinerjaterhadap lingkungan sosial mereka seperti halnya laporan keuangan yang mereka berikan pada pemegang saham.
·         Pengungkapan khusus bagi pengguna laporan keuangan Non-Domestik & prinsip Akuntansi yang digunakan
Laporan tahunan bisa meliputi pengungkapan khusus untuk mengakomodasi pengguna laporan keuangan non domestik. Pengungkapan tersebut meliputi (1) laporan ulang yang mudah tentang informasi keuangan kedalam mata uang asing (2) pembahasan perbedaan antara prinsip akuntansi yang digunakan dalam laporan keuangan utamadan beberapa ketetapan prinsip akuntansi lainnya (3) posisi dan laporan keuangan ulang terbatas diketetapan standar akuntansi kedua, dan (4) sebuah laporan keuangan lengkap disiapkan dan berhubungan dengan ketetapan pinsip akuntansi kedua. Beberapa perusahaan mempersiapkan laporan keuangan yang sesuai standar akuntansi lebih bisa diterima daripada standar domestik (utamanya IFRS / GAAP AS), atau yang sesuai dengan standar domestik dan sesuai dengan ketetapan prinsip akuntansi yang kedua.

·         Pengungkapan pengelolaan perusahaan
Pengelolaan perusahaan adalah sistem dimana perusahaan diarahkan dan dikendalikan. Diantara permasalahan pengelolaan perusahaan adalah hak perilaku pemegang saham. Struktur internal pengelolaan perusahaan dan praktinya sangat beragam diseluruh dunia, mencerminkan perbedaan budaya, sumber tradisi keuangan, pola pemusatan kepemilikan perusahaan, dan sistem hukum dari kerangka kerja.
Organization for Economic Cooperation & Development (OECD) mengeluarkan ‘prinsip pengelolaan perusahaan’ yang telah direvisi tahun 2004, memaparka 6 prinsip dasar pengelolaan perusahaan.
a.       Pengungkapan harus mencangkup, tapi tidak terbatas pada materi informasi:
·         Hasil keuangan dan usaha perusahaan
·         Sasaran perusahaan
·         Kepemilikan saham mayoritas dan hak voting
·         Kebijakan pembayaran gaji bagi anggota direksi dan eksekutif utama dan informasi mengenai anggota direksi termasuk mereka anggap indeependen oleh direksi
·         Transaksi dengan pihak terkait
·         Faktor resiko terduga
·         Isu-isu menyangkut pegawai dan pemegang saham lainnya
·         Stuktur dan kebijakan pemerintah , khusus, isi dari hukum kebijakan perusahaan dan proses dimana hal ini diterapkan.
b.      Informasi harus di siapkan dan diungkapkan sesuai dengan standar kualitas tinggi akuntansi dan keuangan pengungkapan non financial.
c.       Audit tahunan harus dilakukan oleh pihak independen, kompeten dan auditor bermutu dalam rangka untuk memberikan sebuah sasaran eksternal dan asuransi untuk direksi dan pemegang saham dimana laporan keuangan memperlihatkan kedudukan dan performa keuangan dengan wajar perusahaan dalam sebuah aspek
d.      Auditor dari pihak luar sebaiknya bisa bertanggung jawab kepada pemegang saham dan berkewajiban kepada perusahaan untuk bertindak profesional dalam melakukan audit
e.       Saluran untuk menyebarkan informasi harus seimbang, tepat waktu dan dapat diakses oleh pengguna dengan lebih efisien
f.       Rancangan kerja pengelolaan perusahaan harus dilengkapi dengan sebuah pendekatan efektif yang mengarah dan mengangkat ketentuan-ketentuan analis / nasihat dari analis , broker, agen rating dan lainnya yang sesuai dengan keputusan investor. Bebas dari permasalahan bunga yang mungkin membahayakan intregritas analis/ nasihat mereka.

Pengungkapan dan laporan bisnis di internet
World Wide Web terus digunakan sebagai sebuah ruang , penyebaran informasi, dengan media cetak yang selalu mendapat peran kedua. Sebuah perkembangan penting yang akan memfasilitasi pelaporan bisnis melalui web adalah extensible business reporting language (XBRL) yaitu sebuah sistem penamaan informasi atau data. “tanda” data, yang bekerja seperti barcode menggambarkan informasi keuangan yang mereka pasangkan . Sekali di terapkan XBRL akan secara otomatis menerjemahkan informasi bisnis apa yang akan dikehendaki, kata-kata atau angka sehingga informasi hanya perlu di masukan sekali.
            Pengelompokan XBRL telah di kembangkan untuk GAAP AS & jerman serta untuk IFRS yang mampu membuat persiapan laporan keuangan sesuai standar akuntansi ini.

PENGUNGKAPAN LAPORAN TAHUNAN DI NEGARA-NEGARA dengan pasar baru muncul
            Pengungkapan dalam laporan tahunan perusahaan dari negara dengan pasar yang baru muncul biasanya kurang luas dan kurang dapat dipercaya dari pada perusahaan dari negara berkembang. Level pengungkapan yang rendah di negara dengan pasar yang baru muncul konsisten dengan sistem pemerintahan dan keuangan perusahaan mereka. Ekuitas pasar tidak berkembang dengan baik, bank dan orang dalam seperti kelompok keluarga menyedihkan keuangan yang lebih besar dan pada umumnya hanya ada sedikit tuntutan untuk bisa dipercaya, pengungkapan kepada publik yang tepat waktu dari pada lebih mengembangkan ekonomi.

Implikasi Bagi Pengguna Laporan Keuangan & Manajer

Pengguna laporan keuangan mengharapkan tingkat pengungkapan dan praktik pelaporan keuangan yang luas. Walaupun para manajer di berbagai perusahaan terus terpengaruh oleh biaya pengungkapan informasi kepemilikan, tingkat pengungkapan yang bersifat keharusan dan sukarela terus meningkat diseluruh dunia. Manajer yang memutuskan untuk mempertinggi pengungkapan di area investor dan analis yang dianggap penting, seperti segmen dan rekonsiliasi pengungkapan bisa mendatangkan keuntungan yang kompetitif terhadap perusahaan dengan kebijakan pengungkapan yang terbatas.  


Link ppt:
https://www.dropbox.com/s/jm5htdrbqfpy822/BAB%206.pptx?dl=0



Tidak ada komentar:

Posting Komentar