Minggu, 19 Januari 2014

ESDM GAGAS 4 LANGKAH KURANGI IMPOR BBM

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menyelamatkan cadangan devisa dalam negeri, pemerintah harus menekan kebutuhan impor dalam sektor energi. Sebab, sektor energi memakan anggaran APBN sebesar Rp 300 triliun untuk impor BBM.

Dirjen Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan pemerintah sudah mempunyai empat langkah untuk membangkitkan sektor energi dengan Catur Darma Energi.

Langkah pertama adalah pencarian sumber baru minyak dan gas bumi. Rida mengatakan langkah pertama yang menjadi kendala adalah eksplorasi di laut dalam yang membutuhkan teknologi dan investasi yang besar.

"Eksplorasi di kawasan Indonesia timur masih belum maksimal karena keterbatasan infrastruktur dan kondisi alam," ujar Rida, Rabu (27/11/2013).

Langkah kedua adalah mengurangi ketergantungan impor dari negara tetangga. Salah satu caranya mengganti kendaraan yang menggunakan BBM dengan BBG.

"Mengganti pemakaian minyak tanah ke elpiji untuk mengurangi ketergantungan terhadap BBM. Masa kita tergantung pada Singapura sih?," ujar Rida.

Langkah ke empat, pemerintah mengganti pembangkit listrik dengan tenaga matahari. Hal ini untuk menekan ketergantungan atas solar impor untuk pembangkit listrik, di samping juga mengganti sebagian BBM dengan bahan bakar nabati (BBN). Salah satu hal yang sudah dilakukan mencampur BBM jenis solar dengan biodiesel 10 persen.

"Indonesia memiliki crude palm oil (CPO) yang melimpah dan pemerintah perlu menciptakan pasar dalam negeri untuk CPO," ujar Rida. (Hendra Gunawan)





Analisa:
Menurut pendapat saya, gagasan Kementerian ESDM bagus untuk menekan ketergantungan kita akan impor dalam sektor energi. Diharapkan ke depannya, gagasan tersebut dapat terealisasi, sehingga dapat membuat Negara Indonesia hidup mandiri, dapat mengelola SDA di negaranya sendiri. Masyarakat pun akan semakin sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar