Rabu, 07 Januari 2015

TUGAS 4

Contoh Kalimat Generalisasi:
Dari hasil penelitian, Dr. Syntha Noviyana,dkk dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan motivasi belajar, minat belajar dan pola asuh orang tua berpengaruh terhadap IPK mahasiswa. Hal ini dikarenakan, tempat pertama dalam proses pembelajaran dan pendidikan seorang anak adalah keluarga.


Contoh Kalimat Analogi:
Tindak kejahatan korupsi di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan. Walaupun KPK telah menetapkan beberapa tersangka seperti kasus Hambalang, dana haji, pengadaan Al-Qur'an dan lain-lain. Tetapi, tetap saja sampai saat ini masih banyak yang tertangkap KPK. Sama halnya seperti peribahasa mati satu tumbuh seribu. Walaupun telah banyak yang ditetapkan sebagai tersangka, masih banyak bermunculan kasus korupsi lainnya  dan sulit diberantas.


Contoh Kalimat Kausalitas:
Pada tahun 2013, menurut data Political Economic and Risk Consultancy, Indonesia merupakan negara terkorupsi nomor 2 di Asia setelah Filipina. Berita ini tentu bukan kabar yang menggembirakan bagi bangsa kita. Pekerjaan rumah yang masih berat harus dilakukan oleh pemerintah untuk merubah image dan mengeluarkan Indonesia dari 10 besar negara terkorup di Asia. Hal ini, menunjukkan masih adanya praktek korupsi yang tumbuh subur di Indonesia. Banyak kasus-kasus besar seperti korupsi pengadaan wisma bagi atlet, korupsi pengadaan sapi import, bahkan korupsi jual beli pasal pun banyak terjadi hingga ke lembaga peradilan tertinggi di Indonesia, Mahkamah Konstitusi (MK).


Sumber:
  • http://pilnas.ristek.go.id/jurnal/index.php/record/view/48197
  • Divisi Humas Mabes Polri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar